Pages

Friday, April 25, 2014

Cara Pendaftaran SBMPTN Online

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ini sangat banyak diminati oleh calon-calon mahasiswa, SBMPTN ini seleksinya dengan jalur tertulis. Di mana alumni 2 tahun sebelumnya bisa mengikuti SBMPTN ini lagi. Setelah adanya SNMPTN kini saatnya untuk SBMPTN unjuk gigi.

Caranya sangatlah mudah, teman-teman bisa menemukan sedikit cara dengan membaca semua panduan disini. Dari langkah awal pembayaran di bank sampai prosedur pendaftarannya. Sedikit prosedur tentang cara mendaftar SBMPTN. 

Bagi teman-teman yang hendak mendaftar Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SBMPTN, saya akan berbagi langkah-langkahnya agar teman-teman bisa mendaftar SBMPTN tanpa menemui kesulitan. Walau ini adalah tahapan SBMPTN 2013 ya kita berharap agar langkah-langkah untuk mendaftar tidak dirombak ya ^^ Cekdisot!

To the point! 
  1. Langkah pertama teman-teman untuk daftar di SBMPTN yaitu membeli PIN untuk akses ke SBMPTN 2013. Pin ini bisa dibeli di Bank Mandiri baik secara tunai, lewat ATM ataupun lewat internet banking Bank Mandiri. Jika teman-teman tidak mempunyai rekening bank Mandiri maka bsa membeli pin ini secara tunai di bank Mandiri, untuk caranya silahkan tanya ke bank Mandiri dan tanyakan kepada satpamnya prosedur pembelian pin SBMPTN, di bawah ini adalah contoh pengisiannya
  2. Setelah melakukan pembayaran, teman-teman akan mendapatkan sebuah PIN (Kode Akses) di bawah ini adalah contohnya.
  3. Langkah ke-2 adalah kunjungi halaman resmi Ujian SBMPTN, Ingat Halaman Resmi dari Pendaftaran SBMPTN adalah https://ujian.sbmptn.or.id/ nah di web inilah kita akan mengisikan data-data penting diri kita yaitu Pertama adalah PIN yang kita beli dan mengenai identitas kita saat ini berikut adalah tampilan web resmi SBMPTN.
  4. Setelah mengisi semua ID klik Login, nah setelah itu baru anda mulai mengisi data anda sesuai dengan kenyataan, di halaman inilah anda bisa memilih Jurusan dan memilih PTN yang akan dituju.

    Petunjuk Pengisian Halaman Pilihan Program Studi dan Tempat Mengikuti Ujian :
    • Pilih panitia lokal tempat teman-teman mengikuti ujian. Jika panitia lokal yang anda pilih memiliki sub panitia lokal, maka anda harus memilih sub panitia lokal tempat anda mengikuti ujian.
    • Pilih Perguruan Tinggi yang anda tuju pada pilihan 1, kemudian pilih Program Study yang anda minati. Jika anda memilih Program Study yang mensyaratkan Ujian Ketrampilan maka pilih PTN penyelenggara Ujian Ketrampilan pada kotak "Ujian Ketrampilan" yang sesuai.
    • Jika anda memilih hanya 1 Program Study, lanjutkan ke butir 7.
    • Pilih Perguruan Tinggi Negeri yang anda pada pilihan 2, kemudian pilih Program Study yang diminati. Jika anda memilih Program Study yang mensyaratkan Ujian Ketrampilan maka pilih PTN penyelenggara Ujian Ketrampilan pada kotak "Ujian Ketrampilan" yang sesuai.
    • Jika anda memilih hanya dengan 2 Program Study lanjutkan ke butir 7.
    • Pilih Perguruan Tinggi yang anda tuju pada pilihan 3, kemudian pilih Program Study yang anda minati. Jika anda memilih Program Study yang mensyaratkan Ujian Ketrampilan maka pilih PTN penyelenggara Ujian Ketrampilan pada kotak "Ujian Ketrampilan" yang sesuai.
    • Klik kotak "Berikut"
       
Semoga bermanfaat kawan. Semoga sukses pendaftarannya.

sumber:



No comments:

Post a Comment